The Golden Circle, Bagaimana Perusahaan Seperti Apple Mencapai Kesuksesan dalam Produk yang Diluncurkan

By | December 7, 2016

Dalam bisnis, peluncuran sebuah produk ataupun inovasi baru, tentu saja memiliki kesulitan tersendiri dalam bagaimana kita mengkomunikasikannya kepada calon konsumen. Hal ini akan bertambah rumit apabila ternyata produk yang kita luncurkan ini benar-benar baru dan sulit apabila kita harus memaksa calon konsumen untuk mengasosiasikannya dengan produk yang sudah terlebih dahulu ada.

Dalam cuplikan klip yang diambil dari speech berjudul “How Great Leaders Inspire Action” pada event TEDxPuget Sound di tahun 2009 ini, Simon Sinek, seorang penulis, mengemukakan gagasan mengenai “The Golden Circle” yang berupa 3 lingkaran yang saling berisian, dimana lingkaran terkecil diberi label “Why”, lingkaran menengah diberi label “How”, dan lingkaran terluar diberi label “What”.

Ia mengemukakan bahwa kebanyakan perusahaan ataupun pimpinan didalam organisasi saat ini, selalu mengemukakan gagasan mereka mulai dari “What”, baru setelahnya dilanjutkan dengan “How” dan terkadang menyisipkan “Why” di ujungnya, sebuah hal yang ia anggap keliru dan terbalik.

Golden circle

Dalam pandangan konvensional, perusahaan akan terlebih dahulu menjelaskan “Apa” produk yang ditawarkan, dan “Bagaimana” produk tersebut unggul dibandingkan produk yang lain. Sedangkan pada organisasi ataupun perusahaan inspirasional seperti Apple, yang terjadi adalah kebalikannya. Apple mulai dari “Why” terlebih dahulu, yaitu ingin menantang persepsi yang sudah terlebih dahulu terbentuk mengenai sebuah komputer: besar, memiliki bentuk yang tidak menarik, dan sulit untuk dioperasikan. “How” atau bagaimana Apple mewujudkannya adalah dengan mendesain komputer yang memiliki desain menarik dan mudah dalam pengoperasiannya, sebelum pada akhir “What”-nya Apple menjelaskan apa produk yang dimaksud dan segala fiturnya.

“The Golden Circle” merupakan gagasan yang sederhana tetapi penting untuk diperhatikan bagi perusahaan yang ingin tetap bersaing di era modern dimana produk dan pesaing baru dapat bermunculan tanpa pernah terduga sebelumnya. Sangat penting untuk dapat memulai berfikir dari “Why” terlebih dahulu sebelum memikirkan “How” dan “What” dari produk yang akan diluncurkan.

Sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/File:Golden_circle.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *